Kisah Shuhaib Korbankan Seluruh Harta Demi Hijrah

Kisah Shuhaib Korbankan Seluruh Harta Demi Hijrah

Kisah Shuhaib Korbankan Seluruh Harta Demi Hijrah | Para sahabat Rasulullah saw berbondong-bondong berhijrah ke Madinah meninggalkan harta, negeri dan keluarga besar mereka. Mereka bersabar dengan semua kesulitan dan rintangan yang ada di perjalanan mereka ke Madinah. Para Muhajirin ini ada yang berkelompok seperti kisah hijrah Umar bin Al-Khathab ra dan ‘Ayyasy dan Ummu Salamah ra bersama anak dan pendampingnya dan ada yang berhijrah seorang diri, seperti kisah hijrah Shuhaib Ar-Ruumi ra.

Ketia beliau berangkat hijrah, kaum kuffar Quraisy menghalanginya di tengah jalan ingin menghalangi hijrah beliau. Mereka berkata kepada Shuhaib Ar-Ruumi ra, “Engkau datang kepada kami dalam keadaan miskin. Kemudian hartamu bertambah banyak ketika bersama kami. Sekarang engkau ingin pergi dengan membawa hartamu. Demi Allah itu tidak akan bisa terjadi!”
Mendengar teguran ini, Shuhaib mengajukan penawaran, “Bagaimana pendapat kalian, jika aku memberikan seluruh hartaku kepada kalian? Apakah kalian akan membiarkan aku pergi?” mereka menjawab, “Ya”.

Kisah inii terdengar oleh Rasulullah saw, kemudian Beliau bersabda, “Shuhaib telah mendapatkan keberuntungan.” Dalam riwayat lain disebutkan dari Shuhaib ra, ia berkata kepada orang-orang kafir Quraisy ketika mereka menyusul dirinya, “Maukah kalian aku beri beberapa ons (auqiyah) emas, lalu kalian membiarkan aku pergi?”

Mereka pun setuju. Maka aku katakan kepada mereka, “Galilah di depan pintu (rumahku). Dibawahnya ada beberapa ons emas,” lalu aku pergi dan bisa menyusul Rasulullah di Quba sebelum Beliau berpindah dirinya. Ketika melihatkku, Beliau bersabda, “Wahai Abu Yahya, keuntungan perniagaan.” Dilain riwayat dikatakan Rasulullah saw bersabda, “Jual beli yang menguntungkan, jual beli yang menguntungkan.”

Lihatlah bagaimana komitmen tehadap Islam mengalahkan semua harta yang dimiliki beliau, sehingga beliau serahkan seluruh harta bendanya agar dapat berhijrah ke kota Madinah. Beliau serahkan seluruh harta bendanya bukan karena takut menghadapi orang-orang Quraisy namun karena ingin berhijrah ke kota Madinah dengan tanpa masalah dari mereka, satu perjuangan yang patut dicontoh dan diteladani.

Search Buletin: Kisah Shuhaib Korbankan Seluruh Harta Demi Hijrah, kisah hijrah Shuhaib Ar-Ruumi ra, Kisah Shuhaib dan orang-orang Quraisy pada perjalanan hijrah ke Madinah

[Sumber: Buletin Da’wah Hidayah-Edisi 236 / 6 Muharam 1432 H]
[Gambar:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzRIYATNlk2llKoMkxfbEESFYQ0zQKAHs6SAWDOoSLWSIaxR92az4p-ZTCNtDFPRnQ0PL-p5sT04DFek_DsJk6kRUJAU51xztC_WzjZKcDXlo3S5p0rxLP52gcbypg5T7IMAqqQv269z0/s400/HARTA.jpg]

0 Response to "Kisah Shuhaib Korbankan Seluruh Harta Demi Hijrah"

Post a Comment

Terimakasih atas kujungannya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan materi artikel! Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.