Bentuk-Bentuk Pertolongan Allah Kepada Hamba yang Bertaqwa

Bentuk-Bentuk Pertolongan Allah Kepada Hamba yang Bertaqwa

Bentuk-Bentuk Pertolongan Allah Kepada Hamba yang Bertaqwa | Bagaimana agar kita mendapat perotolongan Allah? Jawabannya ada dalam firman-Nya berikut: “Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaaq:2-3).

Jadi, kunci membuka pertolongan Allah ada dalam ketakwaan kita. Semakin takwa kita, semakin terbukan lebar pintu-pintu pertolongan Allah. Sebaliknya, semakin ingkar kita, semakin tertutup rapat pintu-pintu pertolongan Allah. Na’udzubillah. Ibnu Atha’ilah menegaskan pesan takwa ini, “Jangan menuntut Allah karena terlambatnya permintaan yang telah engkau panjatkan kepada-Nya. Namun, hendaknya engkau koreksi dirimu, tuntut dirimu agar tidak terlambat melasanakan kewajiban-kewajiban terhadap Tuhanmu”.

BAGAIMANA CIRI ORANG YANG BERTAQWA ITU?
Dalam QS. Al-Baqarah:177 Allah menerangkan kriteria orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah itu. “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”.

Senada dengan ayat di atas Allah juga menegaskan dalam QS. Al Imran ayat 134 yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

BENTUK PERTOLONGAN ALLAH KEPADA HAMBA-NYA
Ada banyak cara Allah dalam menolong hamba Nya yang bertaqwa. Beberapa bentuk pertolongan itu antara lain berupa:
  1. Furqan. Dengan taqwa, Allah swt akan memberikan kepada kita furqan yaitu kemampuan membedakan dan memisahkan antara yang haq dengan yang batil, mana yang perlu diikuti dan mana yang tidak. Dengan furqan ini Allah akan memberikan pertolongan agar kita tidak jatuh ada jugang kehancuran.
  2. Barakah. Bagi orang yang beriman dan bertaqwa, Allah swt akan melimpahkan barakah, yaitu kehidupan yang memiliki faedah bagi makhluk disekelilingnya sehingga menjadi hidup tenang dan tenteram. “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS.7:96).
  3. Makhraja. Jalan keluar adalah juga sesuatu yang dilimpahkan Allah swt kepada orang yang beriman dan tertaqwa. Setiap kesulitan hidup yang dijumpainya dapat teratasi dengan hadirnya petunjuk jalan keluar dari Allah swt. Kemudahan ini hanya diperoleh bagi meraka yang bertaqwa, bersungguh-sungguh dan bertawakal. “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS.65:2).
  4. Rizqi. Rizqi yang halal akan dirasakan nikmat sebagai balasan bagi mereka yang bertaqwa. Bila sedikit akan bershabar atau jika banyak amalah bersyukur, sehingga kesemuanya bukanlah fitnah yang menyulitkan. “Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.65:3).
  5. Kemudahan. Kemudahan akan ditampakkan sebagai balasan bagi mereka yang bertaqwa. Dengan bertaqwa kepada Allah swt, bisa saja diturunkan secara langsung ataupun tidak langsung dihadirkan dalam bentuk ketenangan jiwa dan kedamaian berislam, sehingga kesemuanya dirasakan bukan sebagai masalah.
  6. Kebaikan di Dunia. Kebaikan dan kenikmatan di dunia bagi orang yang bertaqwa adalah barokah, jalan keluar, rizqi, dan kemudahan.
  7. Kebaikan di Akhirat. Kebaikan dan kenikmatan di akhirat bagi orang yang bertaqwa adalah dihapuskannya kesalahan, diampuni dosanya dan ganjaran pahala yang bersar.
Search Buletin: Bentuk-Bentuk Pertolongan Allah Kepada Hamba yang Bertaqwa, Allah menolong hamba-Nya yang bertakwa, orang yang bertakwa akan mendapatkan pertolongan Allah, pertolongan Allah itu dekat pada hamba yang bertakwa, macam-macam pertolongan Allah kepada hamba bertakwa

[Sumbe: Buletin Da’wah Hidayah-Edisi 255 Jumadil Ula 1433 H]
[Gambar:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxohCi36DRISlgRlwiFMoyxMaQz9qIZ4JsC280brtftsaJF69-zOc3IC-GPgQQhdEp_08xrqwgAyuioWoVT_GLLGbOF96VtAE-1MHzbzBUX2CS4SgQFfwl_yj-E3JDHo-O6K7rZ-1nEeRY/s1600/1kanoute.jpg]

0 Response to "Bentuk-Bentuk Pertolongan Allah Kepada Hamba yang Bertaqwa"

Post a Comment

Terimakasih atas kujungannya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan materi artikel! Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.