TAHUKAH KAMU DUNIA HINA SESUAI NAMANYA


TAHUKAH  KAMU DUNIA HINA SESUAI NAMANYA | Abu Sa’id al Khudri menceritakan, Rasulullah duduk diatas mimbar dan kami pun duduk disekitar beliau lalu beliau berpesan, “sesungguhnya termasuk perkara yang aku khawatirkan menimpa kalian sepeninggalanku adalah apa yang akan dibukakan buat kalian dari bunga dan perhiasan dari bunga  dan perhiasan dunia.”” (HJ Bukhari: 1465 dan Muslim:1052)

Saudariku seiman yang berbahagia!  Muslim yang cerdas adalah muslim yang menjadikan dunian sebaagai pencarian bekal sebanyak-banyaknya dan sebagus-bagusya demi melanjutkan perjalanan kekampung akhirat yangn kekal dan abadi. Ia tahu ia akan meninggalkan kampun yang sekarang ia huni yang penuh dengan susah payah dan penderitaan. Adapun orang yang bodoh adalah mereka yang terleana dengan tipuan dari jerataan dunia hingga terperangkap  di dalamnya dan sulit untuk keluar darinya.

Maka pada pertmuan kali ini Buletin Jumat Online akan menyampaikan sedikit bagaimana sebenarnya hakikat kehiduan dunia yang manusia berloma-lomba menggapainya.

Taukah Anda Dunia Ini Hina Sesuai Namanya

Dunia adalah tepat dimana kita tinggal sekarang. Dan dinamakan dunia karena ia rendah dan tidak punya nilai disbanding nilai akhirat sebagaiman sabda nai :”sesungguhnya tempaat tongkat kecil kalian disurga lebih baik dari dunia dan ap yang ada didalamnay.” (HR Bkhar: 28992).

Inilah Sifat-Sifatnya

Wahai saudaraku! Dunia yang begitu Berambisi mencarinya Telah Allah difati dengan hina dan buruk. Diantaranya adalah:
  1. Dunia adalah rendah yang akan musnah , ia tidak kekal bersama seseorang dan seorang pun tidak akan kekal bersamanya. Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. (QS ar-Rahman [55]:26-27) 
  2. Dunia adalah tipuan yang memperdayakan manusia. Allah berfirman: Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (QS Fthir [35]:5) 
  3. Dunia adalah permainan senda gurau. Allah berfiraman: Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, (QS al-Hadid[57]:20) 
  4. Kerakusan terhadap dunia akan menjadikan seseorang tidak akan mendapat apa-apa kecuali neraka. Allah berfirman: Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. (QS Hud [11]:15-16) 
  5. Dunia akan membinasakan mereka yang merasa tenang dengannya sdna fitnah (tergoda) serta terlalaikan olehnya dari akhirat. Rasulullah bersabda,” Demi Allah! Bukanlah kefakiran tang aku khawatirkan menimoa kalian, melainkan aku khawatir seandaianya dunia di bentangkan buat kalian sebagaimana telah dibenytangkan buat umat-umay sebelu kalian, maka kalian akan berlomba-lomba sebagaimana mereka berlomba-lomba. Dan dunia itu bukan membinasakan kalian sebagaimana dunia telah membinasakan mereka.”(Bukhari:4015 dan muslim:2916) 
  6. Dunia akan menghinakan orang yang tenang dan bahagia degannya. Rasulullah bersabda,”Jika kalian jua beli dengan cara ‘inah (jual beli riba), kalian memang ekor-ekor sapi, dan kalian meninggalkan jihad, maka Allah meimpakan kepada kalian kehinaan yang tidak bisa dicabut hingga kalian kembali krpada agama kalian.”(Shahih Jami’:423) Beliau juga bersabda, celaka hamba dinar, celaka hamba dinar, celaka hamaba qatifah(jenis pakaian) dan celakalah hamba khamisah(jenis pakaian). Jika diberi maka ia pun senang, maka kalau tidak diberi maka ia pun marah.”HR Bukhari:6435) 
  7. Dunia tidaklah akan menanmbah bagi pemujannya melainkan kemiskinan. Rasulullah bersabda,”barang siapa yang akhirat sebagai cita-citanya maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya dan akan menolongnya dan dunia akan datang padanya dengan mudah. Dan barang siapa yang dunia menjadi harapannya maka Allah akan memberikan kemisikinan pada kedua mata (dihadapannya) dan Allah akan memporak-porandakan urusannya dan dunia tidak akan datang kecuali apa yang telah ditakdirkan.” (Shahih Jami’:6510) 
  8. Dunia tidak ada nilanya di sisi Allah. Rasulullah bersabda,”seandainya dunia memiliki nilai di sisi Allah seberat sayap nyamuk maka orang kafir tidak akan diberi minum selamanya walaupun satu tetes.”(Shahih Ibnu Majah:3334) 
  9. Rasulullah mewanti-wanti umatnya dari fitnah dunia. Beliau bersabda: “sesungguhnya dunia itu manis nan hijau dan Allah telah menguasakannya bagi kalian dan ia melihat apa yang kalian perbuat. Maka hati-hatilah kalian dari dunia dan hati-hatilah kalian dari wanita.”HR Muslim:2742)

Janagan Takut Tidak Kebagian

Wahai orang yang terfitnah dengan dunia dan lupa denga akhirat! Dengarkan apa yang akan disampaikan oleh rasulullah bahwasaanya beliau  bersabda, “Sesungguhnya Ruh Qudus (Jibril) telah meniupkan dalam hatiku (mewahyukan) bahwasannya prang tidak akan mati samapai sempurna ajalnya dan sempurna pula rezekinya, maka bertaqwalah kalian kepada Allah. Perbaiki (usahamu) dalam mencari harta dan jangan sampai lambatnya rezeki membuat kalian mencarinya dengan jalam maksiat karena tidaklah didapat  apa yang ada disisi Allah kecai dengan ketaatan.”Shahih Jami’:2085)

Bagaimana Seharusnya Hidup Di Dunia?

Hidup kamu didunia seolah-olah orang yang asing atau penyebrang jalan.”(HR Bukhari:6416)
Al-Hafizh Ibnu Rajab berkata, “Hadist ini merupakan anjuran untuk memperpendek agan-agan dalam urusan dunia. Dan seseorang muslim tidak layak bagi dia untuk menjadikan dunia sebagai tempat tinggal selama-lamanya hingga ia tenang dan tentram di dalamnya. Akan tetapi, seharusnya ia bersikap seperti seorang musafir yang sedang singgah untuk mempersiapakan bekal perjalanan selanjutnya.”

Ali Bin Abithalib berpesan, “sesungguhnya dunia akan pergi dan akhirat akan datang. Setiap keduanya (dunia dan akhirat) memilikia anak-anak, maka jadilah kalian anak-anak akhirat dan jangan jadi anak dunia, karana sekarang adalah waktu beramal dan tidak ada hisab, sedang besok (akhirat) waktu dihisab dan tidak ada waktu beramal.” Ibunu Mubarak dalam kitab az-zuhdu:262 dan Ibnu Abi Syaibah:34495).

Hasan Al-Bashri berkata, “Orang mukmin didunia itu seperti orang asing yang tidak mebuat ia bimbang kehinaan dunia dan tidak memancing ia elomba-lomba dengan kemewahannya. Ia punya urursan sendiri dan orang lain punya urusannya sendiri pula.” Ibnu Abi Ashim dalam az-Zuhdu:262 dan Ibnu Abi Syaibah:3521).

Kehidupan Manusia Paling Mulia dan Dijamin Masuk Surga

Abdullah Bin Mas’ud bercerita, “ Rasulullah tidur diatas tikar dan beliau bangun hingga berbekas tikar tersebut pada badannya. Maka kami katakana, “Wahai Rasulullah, seandainnya kami mengembalikan umat hamba apa yang bisa di bentagkan (kasur).’Maka beliau bersabda,’Apalah urusanku dengan dunia kecuali hanya seperti musafir yang berteduh sebentar di bawah pohon tersebut.”Shahih Jami’:5668)

Aisyah berkisah, “Rasulullah wafat sedang baju besinya masih tergadaikan pada orang yahudi seharga tigapuluh Sha’ Gandum.” (HR Bukhari:2916). Beliau peula menuturkan, “Tidak pernah keluarga Muhammad kenyang dari memakan roti gandum dalm dua hari berturut-turut hingga beliau wafat.” (HR Muslim:2970).

Search: TAHUKAH  KAMU DUNIA HINA SESUAI NAMANYA, Arti kehidupan dunia, Arti Kehidupan akhirat, Kunci Masuk surga, Kemabalilah ke jalan Allah, arti kehidupan di dunia.

[Sumber: Buletin AL-FURQON Tahun ke-8 volomu 1 No.3]
[Img:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-KnM-e1U4NfQDtUUsZFAfgwSFX1hn_euTyZDtIr8qwZ1KIVe8U-7eAYN-5lJKcwsTekiRKdYoG5PK4J-DUG_QkIzNE0kx3yQpZb1AYkwaMKkcREh_Ec6493ujlyvXbPkAc0B2_48DNfg/s1600/5.jpg]

0 Response to "TAHUKAH KAMU DUNIA HINA SESUAI NAMANYA"

Post a Comment

Terimakasih atas kujungannya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan materi artikel! Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.